SMAS Muhammadiyah 2 Genteng Sekolah Unggul

Predikat Unggul Madya merupakan salah satu kategori dalam penilaian sekolah unggul yang menunjukkan posisi strategis di antara Sekolah Unggul Pratama dan Sekolah Unggul Utama. Predikat ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian sekolah dalam menjalankan program pendidikan berkualitas. Salah satu momen penting pemberian predikat ini terjadi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen dan PNF) Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dilaksanakan di Pusdiklat ASN Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, pada 23-25 November 2024.

Penghargaan ini didasarkan pada lima pilar utama yang menjadi landasan sekolah unggulan Muhammadiyah. Pilar pertama adalah penerapan kurikulum berbasis nilai Muhammadiyah, di mana Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) menjadi nafas utama. Kurikulum ini tidak hanya menekankan aspek akademik, tetapi juga membangun karakter siswa yang islami dan berbasis nilai-nilai Muhammadiyah, sehingga menghasilkan lulusan yang berintegritas dan berdaya saing.

Pilar kedua adalah keberadaan sumber daya manusia yang kompeten dan inovatif. Guru dan tenaga kependidikan dipersiapkan untuk menghadapi tantangan pendidikan modern dengan pembekalan pelatihan, inovasi metode pengajaran, dan kemampuan adaptasi teknologi. Selain itu, pilar ketiga adalah pengelolaan manajemen pelayanan yang berkualitas tinggi, mencakup tata kelola administrasi, layanan siswa, dan hubungan dengan masyarakat.

Dua pilar lainnya turut memperkokoh predikat ini, yaitu fasilitas kesehatan sekolah yang prima dan langkah strategis menghadapi tantangan pendidikan. Sekolah Muhammadiyah yang unggul memastikan lingkungan belajar yang sehat melalui layanan kesehatan yang memadai. Sementara itu, langkah-langkah strategis diambil untuk menjawab dinamika pendidikan global, seperti integrasi teknologi, kolaborasi internasional, dan pengembangan inovasi. Kombinasi kelima pilar ini menjadikan predikat Unggul Madya sebagai tonggak penting dalam perjalanan sekolah Muhammadiyah menuju transformasi pendidikan yang lebih maju.